Cikarang Industrial Expo (CIE)

21 November 2018

Pameran dagang industri Cikarang Industrial Expo (CIE) diselenggarakan oleh PT. Tiga Pilar Manajemen Indonesia (TPMI) yang berlokasi di Plaza JB Jababeka 2, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, dimulai sejak tanggal 21 – 23 November 2018. Peresmian acara tersebut dibuka oleh Ketua Kadin Kabupaten Bekasi H.Obing Fachruddin dan PLT Bupati Bekasi H.Eka Supria Atmaja. Tema yang diusung pada tahun 2018 ini adalah “Smart City Indonesia Expo 2018(SCIEX 2018) dengan tagar The Indonesia International Industry.

Pembukaan dimulai pada pukul 09:30 pagi, H.Obing mengungkapkan jika “Kabupaten Bekasi merupakan kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara, jadi khusus untuk wilayah ini (Kab.Bekasi) memang banyak berbagai jenis Industri. Mulai dari UMKM, serta perusahaan nasional dan multinasional. Sekitar 4000 perusahaan berdiri di sini, jadi dengan banyaknya kawasan ini berarti telah banyak membuka lapangan kerja banyak bagi warga sekitar dan pendatang, nantinya kawasan industri tidak hanya kawasan pabrik saja yang berdiri, tetapi juga bisa menjadi daerah pariwisata.”

Sebanyak 40 stan dari berbagai jenis industri dagang terjajakan dalam acara. CIE 2018 diikuti oleh berbagai perusahaan yang bergerak di bidang peralatan & penyedia jasa bagi industri, seperti Energi, Konstruksi, IT Solusi, Lingkungan Hidup, Bio Fuel, dan Jasa Keamanan & keselamatan guna  menghubungkan pemasok lokal dan internasional, serta kontraktor industri manufaktur, jasa teknik dan sub-contracting, juga kontraktor proyek untuk fitur inovatif terbaru mereka dalam melayani kebutuhan industri lokal di Bekasi, Cibitung, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

Selain adanya pameran dagang, panitia juga membuat suatu seminar yang berhubungan dengan perkembangan industri dagang internasional. Pada tahun ini juga panitia menghadirkan sektor teknologi solusi, guna mengembangkan dan memanfaatkan Internet Of Things dari suatu bidang yang dijalani.

Salah satu stan yang menghadirkan teknologi dan solusi adalah PT.Hawk Teknologi Solusi (HTSnet). Pengelola gedung dan panitia acara baru pertama kali menggunakan internet dalam kegiatan tahunan tersebut. “Kami selaku panitia baru pertama kali menggunakan internet dalam acara CIE, karena pada acara sebelumnya tidak ada kebutuhan internet sama sekali dari para penjaja stan. Selain itu, kebutuhan internet tahun ini juga kami hadirkan untuk memfasilitasi peserta dan narasumber saat seminar berlangsung,” Ujar Ibu Febi, ketua pelaksana CIE 2018.

HTSnet sebagai salah satu penyedia jasa layanan internet Indonesia pada tahun ini didaulat sebagai mitra resmi internet dan penyedia infrastuktur Wi-Fi dalam acara ini. Selain itu, para pengunjung yang datang dapat mengakses internet gratis, memberikan kebutuhan internet cepat, stabil, dan tanpa gangguan apa pun. HTSnet menggunakan 3 perangkat Cambium sebagai access point.

Melalui acara tersebut, HTSnet siap melayani network infrastructure solution untuk kebutuhan bisnis Anda. Pada kesempatan yang sama juga, HTSnet kini telah bekerjasama dengan Cambium Networks, Mikrotik, Edgecore, Grandstream, dan Ubiquiti.

Pada acara tersebut pun, HTSnet dipadati pengunjung karena mempunyai daya tarik baru di acara CIE. Para narasumber di dalam stan pun mempunyai pemahaman teknologi dan informasi yang jauh sangat dibutuhkan oleh pengujung. Para pengunjung banyak melakukan tanya jawab, salah satunya mahasiswa dari Politeknik META Industri, “Terima kasih, berkat adanya HTSnet saya dapat mengetahui perkembangan teknologi dan informasi, serta solusi. Lalu saya pun mengetahui kebutuhan perangkata apa saja saat membuat sebuah bangunan baru,” Ujar Andika, salah satu mahasiswa.

Selain penyedia layanan internet, HTSnet pun kini mengusung tema “System Installation” dan “solution” Harapannya, dengan tema tersebut HTS ingin industi perhotelan mampu mengembangkan sistem teknologi yang semakin berkembang dan tidak tertinggal pada zaman yang lampau.

Pada sistem tersebut, HTS saat ini tidak hanya sebagai jasa layanan internet, namun kini telah memberikan pelanggan kemudahan dengan jasa Rack Colocation, Mail Server, FTTH, IPTV, Fiber Optic, IPBX, IOT, CCTV/IP Camera, Hotspot & Portal login.